Senin, 26 Oktober 2015

Penggunaan Aplikasi E-Government pada LARAS (Layanan Resmi Aspirasi) Online Pemkab Bogor

LARAS (Layanan Resmi Aspirasi) Online Pemkab Bogor adalah salah satu situs E-Government milik Kabupaten Kota Bogor yang dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan pelaksanaan E-Government dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Berikut saya akan memberi tutorial cara untuk menggunakan aplikasi web tersebut.


Inilah tampilan awal dari http://pengaduan.bogorkab.go.id



1. Sebelum melakukan pengaduan, kita harus terlebih dahulu mendaftar.





2. Lalu isi identitas diri di form yang telah disediakan






3. Setelah selesai dan berhasil membuat akun, maka akan tampil pesan seperti ini




Lalu lakukan verifikasi email seperti yang diminta.



4. Buka akun email yang telah anda daftarkan, silahkan cek di bagian inbox atau spam email. Setelah itu lakukan verifikasi email




5. Lalu akan muncul pesan seperti ini, yang menandakan akun  anda telah aktif




6. Kembali ke situs http://pengaduan.bogorkab.go.id lalu lakukan login, contoh :




7. Form pengisian pengaduan akan langsung mucul begitu selesai login. Setelah itu, anda sudah bisa melakukan pengaduan. Jika sudah selesai, klik tombol submit yang ada di bawah, contoh :




8. Pengaduan selesai

Untuk mengecek apakah pengaduan yang kita adukan sudah direspon atau belum, silahkan pilih menu Pengaduan Terkirim



Setelah meng-klik itu, maka akan keluar halaman baru seperti ini, lalu klik Selengkapnya untuk melihat lebih lanjut.




Setelah itu, hasilnya seperti ini.


Sebagai contoh, disini bisa dilihat bahwa pengaduan saya belum direspon oleh pihak LARAS Pemkab Bogor, saya sudah melapor dari tanggal 22 Oktober 2015, namun status pengaduan saya masih dalam status Dianalisa, lalu pengaduan saya dialihkan ke Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Bagi saya, sepertinya cukup lama dalam menunggu respon aduan dari saya, padahal teman saya juga ada yang sudah melakukan pengaduan seperti saya namun sudah direspon dengan cepat. Semoga kedepannya pihak LARAS Online Pemkab Bogor bisa merespon aduan masyarakat dengan cukup cepat dan adil.


Semoga postingan ini bisa membantu , sekian dan terima kasih.


Program Diploma Institut Pertanian Bogor
Program keahlian Manajemen Informatika angkatan 50
http://ipb.ac.id


12 komentar:

  1. Mungkin bisa anda ceritakan bagaimana respon yang diberikan oleh pihak LARAS kepada Anda. Agar dapat memperlengkap artikel saudara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih sudah mengingatkan, saya lupa untuk menyertakan cerita hasil respon

      Hapus
  2. Terima Kasih atas informasinya. Semoga dengan adanya website pengaduan pemerintahan daearah tersebut, semua aspirasi yang dapat memajukan daerah dapat terlaksana dengan baik

    BalasHapus
  3. terimakasih rizki adi atas informasi, Kalo boleh tau, apa ada tanggapan respon dari pihak LARAS ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum ada respon dari pihak LARAS, nanti saya akan menyertakan itu di postingan saya

      Hapus
  4. terima kasi cukup bermanfaat bagi saya atas informasinya.

    BalasHapus
  5. Semoga pengaduan anda diterima dan direspon oleh Pemerintahan Kabupaten Bogor dan segera ditindak lanjut oleh Pemerintah Kabupaten Bogor.

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas informasinya. Sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. jadi bagaimana respon dari pengaduan anda di web e-gov tersebut? apakah anda puas dengan pelayanan yang ada di website tersebut? :D

    BalasHapus
  8. semoga aspirasi anda tidak hanya dibalas oleh kata-kata oleh admin begitu juga dibuktikan oleh pemerintah

    BalasHapus
  9. Dengan belum adanya respon dari pihak LARAS, menurut anda berada di fase apakah e-Government yang laras miliki saat ini ?
    Terima kasih

    Kunjungi blog saya juga ya http://rosyansisteminformasi.blogspot.co.id/

    BalasHapus