Sabtu, 05 September 2015

E-Business dan E-Government

 

a. Makna E-Business

E-business adalah aktifitas bisnis dengan memanfaatkan jaringan komputer dan internet. Tidak hanya transaksi pembelian dan penjualan tetapi juga melingkupi keseluruhan kegiatan dan fungsi dari perusahaan tersebut, seperti pertukaran informasi, komunikasi, kolaborasi, riset dan sebagainya. E-business bisa terjadi dalam berbagai bentuk tahapan tergantung dari tingkat pemanfaatan jaringan komputer dan Internet, dengan kata lain seberapa digital perusahaan tersebut. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan supplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani kepuasan pelanggan secara lebih baik.

Adapun contoh dari E-business adalah seperti pemesanan buku di www.Amazon.com. Proses pemesanan buku sampai pembayaran ditangani secara elektronis yang kemudian dikirimkan ke alamat pemesan lewat kurir.

b. Makna E-Government

E-Goverment adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. E-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan yang paling diharapkan dari E-Government adalah peningkatan efisiensi, kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
Contoh penerapan E-Government adalah seperti aplikasi untuk memperbaiki hubungan interaksi dengan masyarakat seperti E-KTP, contoh lain adalah Pemerintah Surabaya yang menerapkan E-Procurement. Dengan adanya e-procurement yang dikembangkan pemerintah Surabaya http://www.surabaya-eproc.or.id maka masyarakat Surabaya bisa lebih mudah untuk mengetahui projek yang sedang ada dan mereka bisa lebih mudah  untuk ikut didalam lelang tender projek tersebut.

C. Ulasan

 Dengan kemajuan teknologi, membuat semuanya menjadi cukup mudah, terlebih urusan manusia dalam segala hal. Seperti berkomunikasi, akses informasi, bertukar informasi, urusan transaksi, bahkan sampai ke urusan pemerintahan, banyak dampak-dampak positif yang didapat. Seperti kemunculan E-Business, yang sangat membantu manusia dalam proses transaksi dan bisnis, karena E-Business itu sendiri adalah aktifitas yang berhubungan dengan bisnis dengan memanfaatkan internet. E-Business bisa diterapkan oleh perorangan maupun perusahaan. Adapun manfaat E-Business bagi perusahaan adalah seperti memperluas pasar, meningkatakan produktivitas, menekan biaya menyusun, memproses, mendistribusikan, menyimpan, dan mengakses informasi berbasis kertas, dan masih banyak lagi manfaat yang lainnya. Selain  itu ada E-Government yg dibuat untuk memudahkan urusan kepemerintahan, berguna untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. Adapun manfaat yang paling utama dari E-Government adalah meningkatkan kualitas pemerintahan kepada masyarakat.

sumber :

18 komentar:

  1. artikel ini cukup bagus untuk bahan referensi tugas saya, terima kasih

    BalasHapus
  2. artikel cukup jelas,mungkin bisa ditambahkan manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasiih atas koreksinya, nanti akan saya tambahkan manfaat

      Hapus
  3. penting sekali di era global seperti sekarang ini perusahaan menerapkan e-business dan pemerintahan menerapkan e-government karena banyak terdapat manfaatnya

    sangat membantu sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga postingan saya bisa menambah pengetahuan anda :)

      Hapus
  4. ulasannya sudah bagus, menurut saya ulasannya dapat dipisahkan dengan baris baru atau paragraf agar terlihat lebih rapih. terima kasih sudah berbagi pengetahuannya

    BalasHapus
  5. sangat mudah dipahami dari segi pengertian makna e-business dan e-goverment dan juga beserta contohnya sudah melengkapi dan mudah dipahami,..dan saya sangat menyetujui mengenai ulasan yang terkait diatas..good idea :D

    BalasHapus
  6. maaf gan, e-bussiness itu apakah hanya jual beli atau bisa jg yg lain??
    tanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. kebanyakan sih mungkin untuk jual beli, tapi bisa juga untuk media informasi dan media promosi atau iklan

      Hapus
  7. cukup memberikan penjelasan mengenai e-business dan e- government

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih, semoga postingan saya bermanfaat untuk kamu

      Hapus
  8. terimakasih atas informasinya , contoh dari e-goverment yang sering di gunakan apa yah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. misalkan pembayaran pajak secara online atau pembuatan e-ktp
      bisa lihat di blog saya mengenai e-government annisarahmawaty357.blogspot.com

      Hapus
  9. Contoh dari e-business itu apa aja sih gan selain jual beli?

    BalasHapus
  10. maaf mas, mau tanya untuk implemetasi e-government sendiri menurut anda apakah sudah familiar di lingkungan masyarakat pedalaman?

    BalasHapus
  11. artikel yang menarik untuk kedepannya saya harap dapat lebih menjelaskan tentang Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C), Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G) yang terdapat pada artikel diatas, terima kasih

    BalasHapus
  12. Maaf saya ingin bertanya, bagaimana menurut anda ,apakah diIndonesia sudah banyak yang menerapkan e-business?

    BalasHapus